Tuesday, April 03, 2007

Wajahku

Tuesday, April 03, 2007

Mama & papa gue orang Solo asli. Gue lahir dan besar di Jakarta. Kalo ditanya gue orang mana, gue sih lebih senang dibilang orang Solo. Karena orang Solo itu terkenal lemah lembut tapi berkarakter. Bertata-krama dan sopan santun. Kalo dibilang sesuai dengan kepribadian gue, kayaknya gue sudah banyak terkontaminasi juga dengan lingkungan tempat gue dibesarkan. Walaupun nilai-nilai yg orang tua gue ajarkan dari lahir sampe sekarang masih tetap gue pegang teguh karena itu gue anggap baik.

Tapi kalo secara fisik, kenapa ya nggak ada yg percaya kalo gue itu orang Jawa. Apalagi orang Solo. “Orang Solo itu lembut dan ayu.” Kebanyakan mereka bilang begitu ke gue. Lha emang gue nggak lembut dan ayu? Tersinggung nih gue . Kalo lembut yg feminin sekali memang tidak. Bicara Jawa halus-pun aku tak bisa. Badan gue termasuk tinggi dan besar, rambut pendek, jadi kalo lembut-lebut banget kayaknya nggak pantes sama body gue yang emang dari sono-nya dah begini (nggak tau turunan dr mana tp gue dan adik2 gue tinggi besar, padahal bo-nyok gue imut2 Karena gizi kali ya).

Waktu SMP, guru privat bahasa Inggris gue menyangka gue orang Padang. Waduh jauh amat. Trus pernah di Metromini menuju kantor kebetulan gue duduk dekat pintu, sendiri. Supir & kenek Metro asyik bicara di depa gue pake bahasa Batak (kalo nggak salah, dari logatnya). Gue nggak tau apa yg mereka bicarakan, tapi tiba2 si kenek bilang ke gue,
“Betul kan Mbak?”
“Betul apa Bang?” Jawab gue bingung. Sudah pasti dia bicara sama gue, soalnya gue duduk sendiri.
“Mbak orang Manado kan?” Hhaaahhh??? Gue kaget sambil mau ketawa, sambil mikir juga apa miripnya sih gue sama ciri khas orang Manado. Putih pun nggak.
“Bukan kok saya bukan orang Manado.”
“Tuh kan apa kubilang. Dia bukan Menado. Mbak orang Batak khan?” tiba2 supirnya nyeletuk. Gue tambah pengen ketawa. Ampun deh, kejadian lagi. Udah ke seratus sekian kali orang menyangka gue orang Sumatera. Padanglah, Bataklah (Kalo Manado sih baru sekali ini. Keneknya mabok kali ya?).
“Bukan Bang, saya orang Jawa. Orang tua asli Jawa.”
“Ah masak sih Mbak, kok kayak orang Batak?” Si supir tetap pada pendiriannya.
“Ya udah kalo nggak percaya. Tapi kalo saya Batak, pantasnya marga apa ya Bang?” Bukannya dijawab malah mereka berdua tertawa. Obrolan kita sudah cukup sampe disitu sih.

Emang kenapa sih wajah gue? Nggak ada ayu-ayunya wong Solo ya. He..he..he.. nasib, nasib. Kalo adik2 gue memang wajahnya Jawa banget. Terutama yg cewek. Karena dia lebih mirip bokap gue yg darahnya asli Solo. Kalo gue lebih mirip nyokap yg ada campuran Jawa Timur dari kakek gue. Nah adik gue yg cowok perpaduannya lebih pas antara bo-nyok gue. Tetap terlihat Jawa dan beruntung banget kulitnya adik2 gue putih2. Cuma gue yg coklat manis .

Tapi apapun sangkaan orang setelah melihat wajah gue, gue tetap merasa pede dan nggak masalah buat gue. Gue tetap bangga dengan wajah pemberian Sang Maha Pencipta ini. Harus gue rawat baik2. Dan mungkin gue harus sedikit merubah perilaku gue lebih lembut tapi nggak kemayu lho (bukan gue banget) biar orang masih bisa merasakan darah orang Solo yg mengalir dalam tubuh gue.

0 komentar:

Post a Comment

 
...My Sense... © 2008. Design by Pocket