Thursday, August 02, 2007

Sinetron Jiplakan & Telp Tengah Malam

Thursday, August 02, 2007

Jam 23.30 telp CDMA gue bunyi, iramanya familiar. Biasalah kode area 022. Bingung juga gue perasaan jam 22 tadi dah pamit met bobo, kok dia telp lagi? Ada apakah kiranya? Sambil ngantuk gue angkat.

Mas : Mbak dah bobo ya? (yaeyalaaah dan 1 jam lalu pules maskuuuu....)

Gue : Heeh...... (sambil males-malesan)

Mas : Coba liat SCTV deh

Gue : (gue meraba2 samping bantal gue mencari remote TV. S**t kok gak ada, perasaan sblm tidur tadi gue taruh deket bantal. Terpaksa bangun nyalain lampu eh ternyata dah ada di bawah bantal gue tidurin juga buku "Dunia Paralel" yg abis gue baca). Ada apa sih Mas? (sambil bete juga neh tidur pulas terganggu).

Mas : Mosok itu sinetron sama persis banget sama film-nya Reese Witerspoon, Mbak. Sebel banget deh aku. Dasar orang Indonesia tukang jiplak. Tapi aku lupa judulnya apa ya? Tuh kan adegannya pasti abis ini dia nongol di bayangan kaca deh. Tuuuhh kaannnn... Gila persis banget. Aduh judulnya apa yah aku penasaran nih. Aku sambil cari DVDnya ya. Yah rak DVDku dah mau jebol nih. Yah beneran jebol deh. Aduh kok nggak ketemu yah? Apa ya judulnya. Kamu inget nggak Mbak? (beneran lho masku bisa ngomong sepanjang itu tengah malem tanpa keputus dan memberi kesempatan buat gue ngomong dan untuk satu hal yg 'penting banjet' gitu loch..... bukan apa2, ngatuk neeehhhh.....)

Gue : Ya ampun maskuuww kirain apa. Aku dah pules tidurnya tadi. Aku juga lupa filmnya judulnya apa. Tapi aku inget ada taman diatas apartemennya ya?

Mas : Iya bener. Tuh kan persis banget tiap adegannya. Ampun deh. Wah nggak ketemu juga Mbak DVDnya mana yah? Penasaran euy. Mentang2 yg main Dimas Seto ama Mas Ayu (lho apa hubungannye baaang??) jadi seenaknya aja jiplak film barat. Disangkanya kita nggak tau kali.

Intinya sampe akhir telp kita nggak nemu itu film aslinya judulnye apaan. Sighhh..... oh pacarku tercinta, kau tak hanya hadir dalam mimpiku tapi juga di tengah tidurku......

Tentang sinetron dgn judul yg gak gue inget sampe sekarang itu, memang jiplak banget sama persis sama Film "Just Like Heaven" Reese Witerspon (gue baru inget pas bangun subuh jam 5 langsung SMS mas). Gue juga sebel banget sih. Emang gak ada ya ide lain yg lebih original dan lebih bagus sehingga banyak yg beramai2 bikin sinetron remaja yg jiplak exactly the same sama film2 komedi romantis Hollywood? Sama nggak cuma ide cerita, tapi sampe per adegan dibuat semirip mungkin. Ampun deh (meniru ucapan mas semalem).

Gue juga pernah liat sinetron yang jiplak (sori gue pake kata ini karena nggak nemuin kata lain yg lebih pas dan lebih sopan dari ini) film "Never Been Kissed"-nya Drew Barrymore. Sama mampus sampe per adegan. Males banget nggak seh nontonnya. Gue nonton sampe abis karena mau memastikan aja bahwa nggak semua adegan sama. Tapi gue kecewa, ternyata kira2 80% adegan di sinetron itu suamaaa persis ama film-nya. Belom lagi beberapa (kalo nggak boleh dibilang banyak) sinetron 'adaptasi' dari film2 Asia kayak Jepang, Korea, Taiwan, dan India.

Sedih juga sih melihat nasib dunia persinetronan Indonesia yg sedemikian rupa itu. Walaupun gue juga nggak boleh muna, gue juga suka beli 'barang haram' di Glodok demi menonton film2 Hollywood yg mur-mer he..he..he..he... Itu jiplak juga gak yah? Tapi kalo boleh bela diri, media televisi nasional itu kan salah satu sarana legal untuk edukasi bagi seluruh rakyat. Kalo mereka nggak ngasih contoh yg baik, gimana generasi mendatang bisa lebih baik?

Padahal kalo gue liat dan baca buku2 teenlit Indonesia di Toko Buku tuh banyak lho yg ceritanya bagus2. Dengan ide yg original dan lebih rasional. Kenapa sih nggak 'dimanfaatin' bakat mereka2 para pengarang novel yg jenius itu dgn ke-orisinalitas-an mereka kalo mau buat sinetron? Memang ada juga sih salah satu acara Sinetron di Televisi yg mengangkat cerita dari teenlit. Tapi menurut gue masih kalah banyak sama sinetron jiplakannya.

Gue nggak tau harus bagaimana. Cuma bisa ngoceh puanjang lebar di blog gue ini. Tapi yah itulah rasa kecewa gue. Kecewa karena sinetron Jiplakan dan karena telp tengah malem yg bengunin gue dari mimpi indah he..he..he..he..he..he..he...

0 komentar:

Post a Comment

 
...My Sense... © 2008. Design by Pocket